Makanan Sehat dan Bergizi (4 Sehat 5 Sempurna)


Makanan Sehat dan Bergizi (4 Sehat 5 Sempurna)
Dalam dunia makanan sehat terdapat istilah “4 sehat 5 sempurna pasti sudah tidak asing lagi di telinga setiap orang yang mendengarnya, karena istilah tersebut  menggambarkan asupan gizi yang  harus terpenuhi bagi manusia yang ingin memperoleh hidup sehat. Berikut ini adalah penjelasan dari 4 sehat 5 sempurna menurut gizi yang terkandung didalamnya :

1.  Makanan Pokok sumber KARBOHIDRAT (kategori 4 sehat)


Kategori yang termasuk ke dalam makanan pokok adalah nasi, singkong, sagu, kentang, ketela rambat, umbi – umbian, jagung, gandum. Manfaat karbohidrat bagi tubuh:
a.  Sebagai sumber energi utama tubuh;
b.  Sebagai bahan baku penyusun senyawa lain, misalnya asam amino dan lemak;
c. Sebagai bahan baku penyusun komponen sel, misalnya asam nukleat dalam nukleus, dan glikoprotein pada permukaan sel;
d. Karbohidrat dalam bentuk serat kasar (selulosa), contohnya gandum akan membantu melancarkan sistem pencernaan.

2.  Lauk Pauk sumber PROTEIN (kategori 4 sehat)


Berdasarkan sumbernya protein dibedakan menjadi dua jenis yaitu protein hewani dan protein nabati. Berikut ini yang termasuk ke dalam sumber kategori protein hewani adalah ikan, daging, telur, udang. Sedangkan sumber protein nabati bisa didapat dari kacang tanah, kedelai, jagung, kelapa, tempe, dan tahu. Umumnya kandungan asam amino essensial lebih banyak terkandung dalam protein hewani. Manfaat protein bagu tubuh:
a.  Berperan dalam proses pembentukan dan pertumbuhan sel – sel dalam tubuh manusia. Contohnya otot dapat tumbuh dan berkembang dengan terpenuhinya asupan protein yang baik.
b.  Salah satu sumber energy bagi tubuh, tapi bisa diraih dengan harga yang mahal dibandingkan dengan karbohidrat yang harga perolehannya lebih terjangkau.
c.  Sebagai pertahanan tubuh dalam melawan berbagai mikroba dan zat beracun lainnya yang masuk dari luar ke dalam tubuh manusia.
d.  Sebagai zat pembangun dalam membantu proses pertumbuhan anak – anak dan remaja.
e.   Untuk menjaga kesehatan tubuh karena protein membantu menangkal radikal bebas.

3.  Buah – buahan sumber VITAMIN, MINERAL & SERAT (kategori 4 sehat)

Umumnya merupakan makanan yang kaya akan vitamin dan mineral dengan kandungan air yang tinggi dan juga mengandung serat yang baik untuk kesehatan pencernaan. Contoh buah yang bagus untuk kesehatan tubuh adalah alpukat, manga, pepaya, buah naga, semangka, dan masih banyak lagi yang lainnya.

4.   Sayur – sayuran sumber VITAMIN, MINERAL & SERAT (kategori 4 sehat)

Sayuran baik untuk menunjang pertumbuhan dan perkembangan anak, selain itu juga bermanfaat untuk menjaga daya tahan tubuh agar dapat terhindar dari berbagai jenis penyakit. Contoh sayuran yang baik untuk kesehatan tubuh adalah bayam, brokoli, tomat, kangkung, dan masih banyak lagi.

5.   Susu sebagai PENYEMPURNA (kategori 5 sempurna)


Susu sebagai penyempurna dalam memperlengkap kebutuhan gizi bagi kesehatan tubuh, maka sebaiknya setiap hari manusia mengkonsumsi susu. Terdapat olahan makanan yang berasal dari susu murni contohnya keju yang juga baik di konsumsi secukupnya. Susu mengandung kalsium, vitamin D dan vitamin B-12 yang tentu saja sangat bermanfaat untuk tubuh kita.

Dari pembahasan di atas kita bisa tahu bahwa terpenuhinya kebutuhan gizi manusia dapat diperoleh dari mengkonsumsi makanan 4 sehat 5 sempurna.

Nah, bagi teman – teman yang mau menjalani pola makan yang sehat tapi nggak punya waktu untuk masak, kalian bisa melakukan order makanan melalui katering Makan Sehat Yuk, caranya dengan:
-  follow ig: makansehat_yuk untuk lihat menu yang terdaftar; atau
-  buka website kita di: makansehatyuk.com

Pengolahan katering makanan sehat dari Makan Sehat Yuk berlokasi di daerah Tangerang.
Ayoo mulai hidup sehat dengan mengkonsumsi makanan sehat yang bisa di order melalui Makan Sehat Yuk :D 

Sumber artikel:
-  http://halosehat.com/makanan/makanan-sehat/makanan-4-sehat-5-sempurna-contoh-dan-manfaatnya
-  http://www.belajartanpaguru.com/kandungan-gizi-makanan-4-sehat-5-sempurna.html

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengenai Golden Retriever

Kuis Matkul Kewirausahaan