Mengenai Golden Retriever

 
GOLDEN RETRIEVER
 
Mengenai Golden Retriever
 
Bagi para penyuka binatang peliharaan anjing (doglovers), pasti tidaklah asing dengan jenis anjing yang satu ini yaitu Golden Retriever. Anjing ini termasuk ke dalam jenis Retriever (pengambil), karena membantu para pemburu untuk mengambil unggas air ataupun unggas liar hasil tembakan pemburu. Selain itu ciri khas utama yang terdapat pada jenis anjing ini adalah warna bulu mereka yang akan menjadi keemasan (golden) saat terkena sinar matahari, sehingga disebut Golden Retriever.
 
Golden Retriever termasuk ke dalam jenis anjing yang berukuran cukup besar. Untuk jantan, biasanya memiliki tinggi 56 - 61 cm dan berat badan sekitar 27 - 36 kg. Sedangkan betina memiliki tinggi 51 - 56 cm dan berat badan sekitar 25 - 32 kg. Warna bulu dari anjing ini tidak hanya cokelat keemasan, tetapi juga ada warna lain yaitu krem dan hitam (sangat jarang ditemui dan langkah). Selanjutnya lama usia dari anjing ini adalah 10 - 12 tahun.
 
Walaupun Golden Retriever termasuk jenis anjing pemburu, tetapi anjing ini memiliki sifat yang sangat bersahabat dengan manusia, ramah, setia, tidak agresif, dan selalu ingin menyenangkan hati pemiliknya. Dengan begitu ada cukup banyak pecinta anjing yang tertarik dan memilih Golden Retriever untuk menjadi hewan peliharaan keluarga. Anjing ini biasanya juga disukai anak - anak, karena sikapnya yang ramah, lembut, sabar, mudah bergaul, serta ingin mengajak main mereka.
 
Bagi para pemilik anjing jenis Golden Retriever diharapkan untuk selalu memiliki waktu untuk bisa mengajak mereka bermain, berjalan - jalan di luar rumah, ataupun melibatkannya dalam kegiatan yang dilakukan (olahraga, berenang, berlari, dsb). Karena anjing jenis ini sangatlah energetik dan umumnya memang terlahir untuk menghabiskan waktu diluar rumah dalam waktu yang cukup lama. Pemberian mainan kepada anjing juga bagus untuk menjaga kestabilan tempramentnya serta kesehatannya. Dapat dilakukan dengan membelikan mainan bola dan mengajaknya bermain bola lempar tangkap di luar rumah, serta bisa melakukan permainan lainnya dengan jenis mainan anjing yang berbeda.
 

Sebagai pemilik anjing yang memiliki bulu yang cukup panjang ini, diharapkan untuk memandikannya setiap seminggu sekali, untuk menghindari bulunya menjadi kotor dan terkena bakteri. Pemakaian shampoo yang digunakan sebaiknya dengan shampoo khusus yang dapat membantu merawat jenis bulunya. Setelah selesai memandikannya, kita bisa mengeringkan bulunya menggunakan handuk yang berdaya serap tinggi atau bahkan menggunakan hair dryer untuk memastikan bulunya benar - benar kering, sambil menyisir bulunya agar telihat rapih.

Untuk menjaga daya tahan tubuh dan kesehatan anjing Golden Retriever, kita dapat melakukan vaksinasi di dokter hewan di sekitar daerah tempat tinggal kita. Pada umumnya dokter hewan akan menjelaskan beberapa tahap yang diperlukan dalam vaksinasi tersebut mengenai penentuan jadwal kapan harus dilakukan kembali vaksinasi (secara rutin) untuk tahap berikutnya. Jangan lupa selain menjaga kesehatan anjing, jaga kesehatan diri kita juga yaa :p..

Demikian info yang bisa saya sampaikan mengenai anjing jenis Golden Retriever, semoga bisa bermanfaat ya bagi para doglovers :)..

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Makanan Sehat dan Bergizi (4 Sehat 5 Sempurna)

Kuis Matkul Kewirausahaan